Selamat Datang di web Prodi Pendidikan Bahasa Arab - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Bahasa Gerbang Cakrawala Dunia

Mahrojan Aroby 2023

Blog Single

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 7 Fakultas Tarbiyah di kampus IAIN Kudus pada 13 -16 November 2023 menggelar Kegiatan Mahrojan ‘Aroby. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PBA semester 7.

Mengangkat tema “ Aktualisasikan Minat dan Bakatmu Melalui Mahrojan ‘Aroby  2023”, mahrojan Ároby digelar sebagai ajang melestarikan dan menarik minat berbahasa dan budaya Arab kepada siswa dan mahasiswa, melalui perlombaan yang di ikuti oleh siswa eks-karisidenan Pati dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semester 1 – 5 IAIN Kudus.

Perlombaan dilakukan secara Daring dan Luring. Adapun lomba yang diadakan secara Daring yaitu Khitobah dan Taqdimul Qishah yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/MA eks-karesidenan Pati. Sementara lomba Luring adalah debat bahasa arab, masrokhiyah, ghina' araby, Paduan Suara, MQK, Menghias Tumpeng, Futsal Daster, Estafet Random, serta Tarik Tambang.

Pada hari Senin, 10 November 2023 Acara Mahrojan ’Aroby dibuka oleh Ka. Prodi Pendidikan Bahasa Arab Bapak Dr. Muhammad Ivan Alfian,M.Pd yang didampingi dosen PBA serta ketua panitia Habib Akbar Fadholi di Aula SBSN Lantai I Fakultas Tarbiyah.

Habib Akbar Fadholi selaku ketua Panitia Mahrojan Ároby 2023 berterimakasih pada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara Mahrojan 'Aroby 2023 ini, habib juga menyampaikan bahwa Mahrojan 'Aroby tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana hanya diikuti oleh mahasiswa PBA IAIN Kudus. Sedangkan Kegiatan tahun ini tidak hanya mahasiswa, tetapi siswa-siswi eks-karesidenan Pati turut serta berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diselenggarakan Mahrojan 'Aroby. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi panitia untuk bisa koordinasi dan Komunikasi antara  mahasiswa dan menggaet siswa-siswi SMA/MA eks-karesidenan Pati.

Sementara Dr. M. Ivan Alvian, M.Pd  selaku Ka. Prodi PBA menyampaikan bahwa agenda Mahrojan 'Aroby ini merupakan agenda tahunan bagi mahasiswa semester 7, dan tahun ini adalah mahrojan yang ke-10. Berawal dari sekedar acara hiburan dan perpisahan mahasiswa semester akhir hingga sekarang berkembang menjadi acara meriah seperti ini. Mudah-mudahan dengan adanya Mahrojan 'Aroby 2023 sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa terutama Bahasa arab.

Pada Sesi penutupan dan pengumuman lomba, turut hadir dosen mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, alumni dan mahasiswa PBA serta Guest Star Habib Husein Al-Kaff, Habib Nagib Al-kaff, gus Ahdaf dan gus Rafif ( Vokal Qudsiyyah) di iringi Grub Rebana Asyiqin yang ikut memeriahkan penutupan Mahrojan 'Aroby 2023.

Share this Post: