KURIKULUM KKNI PBA

Penyusunan profil lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Kudus berdasarkan pada hasil analisis SWOT, Rapat dengan Dosen program studi Pendidikan Bahasa Arab, Mahasiswa, Praktisi, Akademisi bidang Bahasa Arab yang disesuaikan dengan kondisi saat ini khususnya kebutuhan dunia kerja.

Profil lulusan juga disusun dengan memepertimbangkan empat komponen, yaitu Audience, Behaviour, Condition dan Degree. Hal ini menunjukkan bahwa profil lulusan dikaji secara terukur dan sistematis, baik secara konseptual dan faktual. Profil lulusan yang telah disusun juga dijabarkan dalam capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran disusun selaras dengan visi dan misi prodi, jurusan dan institusi.

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

1

Guru  bahasa Arab di madrasah/sekolah

1.          Memahami secara komprehensif ilmu dan pengetahuan tentang  pendidikan bahasa Arab dan mampu menerapkannya dalam  pembelajaran

2.          Memiliki kemampuan memotivasi peserta didik dan mengelola pembelajaran bidang pendidikan bahasa Arab

3.          Memiliki kepribadian sebagai pendidik  yang berakhlaq mulia

4.          Memiliki keterampilan sosial dalam berinteraksi dengan peserta didik, teman sejawat dan masyarakat

5.          Memiliki keterampilan dalam menggunakan TI sebagai sarana pembelajaran

 

2

Penterjemah

1.             Memiliki pemahaman  secara komprehensif teori dan kaedah   penterjemahan

2.             Memiliki keterampilan dalam menterjemah  teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya

3.             Memiliki keterampilan menterjemah bahasa Arab secara langsung

4.             Memiliki keterampilan dalam menggunakan TI sebagai sarana pembelajaran

 

3

Pengembang Pembelajaran Bahasa Arab

1.             Memiliki keterampilan dalam mengembangkan bahan ajar pembelajaran bahasa Arab

2.             Memiliki pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang bahasa Arab.

 

 

Deskripsi Kualifikasi Level 6 pada KKNI

DESKRIPSI UMUM

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI  mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

1)        Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

2)        Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;

3)        Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;

4)        Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;

5)        Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;

6)        Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Lulusan program sarjana wajib memiliki  keterampilan umum sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagai berikut:

1)        Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembanagn atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

2)        Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3)        Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan menunggahnya dalam laman perguruan tinggi

4)        Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan menggunggah dalam laman perguruan tinggi

5)        Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasoil analisis informasi dan data

6)        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga

7)        Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya

8)        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9)        Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

1)      Bertakwa kepadaTuhan Yang Maha Esa;

2)      Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;

3)      Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;

4)      Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;

6)      Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 PADA PROGRAM S1 PRODI PBA

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)

Mampu memanfaatkan Iptek dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Deskripsi Spesifik:

a)      Mampu memanfaatkan teori-teori kependidikan dan pembelajaran, psikologi pendidikan Islam dan metodologi penelitian Pendidikan Bahasa Arab

b)      Menguasai dan memanfaatkan bidang kajian Pendidikan Bahasa Arab

c)      Mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran bidang Pendidikan Bahasa Arab

d)     Mampu beradaptasi dalam berbagai situasi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Bahasa Arab

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural.

Deskripsi Spesifik:

a)      Mampu memahami metodologi dalam menerapkan teori pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran pada Pendidikan Bahasa Arab.

b)      Mampu mengkonseptualisasikan dalam memaknai teori pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran pada Pendidikan Bahasa Arab.

c)Mampu menguasai metodologi dalam mengaplikasikan teori bidang linguistik, psikolinguistik, sosiolinguistik dan aspek-aspek kebahasaan.

d)     Mampu mengkonseptualisasikan dalam memaknai teori bidang linguistic, psikolinguistik, sosiolinguistik dan aspek-aspek kebahasaan.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.

Deskripsi Spesifik:

a)    Mampu mendesain rencana, implementasi  dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab.

b)    Mampu berkomitmen, loyal dan mencintai profesi sebagai pendidik pada pendidikan bahasa Arab.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi Spesifik:

1.   Mampu berinisiasi dengan teori pendidikan dan pembelajaran pada Pendidikan Bahasa Arab.

2.   Mampu berkreasi dan berinovasi dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab.

3.   Bertanggungjawab secara keilmuan dan keguruan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab.

 

Pengemasan Mata Kuliah, Bobot SKS, dan Kode Mata Kuliah

a. PENCIRI NASIONAL

 

No.

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

SKS

1

1 102 101

Pancasila

2

2

1 102 102

Kewarganegaraan

2

3

1 102 103

Bahasa Indonesia

2

Jumlah

6

       

b. PENCIRI INSTITUSI

   

No.

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

SKS

1

2 102 101

Metodologi Studi Islam

3

2

2 102 102

Studi Quran Hadits

2

3

2 102 103

Metodologi Studi Fiqh

2

4

2 102 104

Ilmu Islam Terapan

3

5

2 102 105

Islam dan Budaya Lokal

2

6

2 102 106

Logika

2

7

2 102 107

Bahasa Arab

2

8

2 102 108

Bahasa Inggris

2

Jumlah

18

       

c. PENCIRI PRODI PBA

 

No.

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

SKS

1

3 102 101

Ilmu Pendidikan Islam

2

2

3 102 102

Tafsir Tarbawi

2

3

3 102 103

Hadis Tarbawi

2

4

3 102 104

Praktik Ibadah dan Tahfidz

2

5

3 102 105

Statistik Pendidikan

2

6

3 102 106

Psikologi Pendidikan

2

7

3 102 107

Bimbingan dan Konseling

2

8

3 102 108

Manajemen Pendidikan

2

9

3 102 109

Profesi Keguruan

2

10

3 102 110

Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab

3

11

3 102 111

Istima Tamhidi

2

12

3 102 112

Istima Takmili

2

13

3 102 113

Kalam Tamhidi

3

14

3 102 114

Kalam Takmili

3

15

3 102 115

Praktik Bahasa Arab

2

16

3 102 116

Praktik Bahasa Inggris

2

17

3 102 117

Ilmu Sharaf

3

18

3 102 118

Ilmu Nahwu Tamhidi

2

19

3 102 119

Ilmu Nahwu Takmili

2

20

3 102 120

Ilmu Nahwu Mutaqaddim

2

21

3 102 121

Ilmu Maani

2

22

3 102 122

Ilmu Bayan wal Badi

3

23

3 102 123

Qiraah Tamhidi

2

24

3 102 124

Qiraah Takmili

2

25

3 102 125

Qiraah Mutaqaddim

2

26

3 102 126

Kitabah Qowaid al-Imla wa al-Khat

2

27

3 102 127

Kitabah al-Insya al-Muwajjah

2

28

3 102 128

Kitabah al-Insya al-Hurr

2

29

3 102 129

Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab

2

30

3 102 130

Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab

2

31

3 102 131

Sistem Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

3

32

3 102 132

Psikolinguistik

2

33

3 102 133

Sosiolinguistik

2

34

3 102 134

Linguistik

2

35

3 102 135

Fiqhullughoh

2

36

3 102 136

Media Pembelajaran Bahasa Arab

2

37

3 102 137

Praktik Teknologi Informasi

2

38

3 102 138

Tarjamah Tamhidi

2

39

3 102 139

Tarjamah Takmili

2

40

3 102 140

Tarjamah Mutaqaddim

2

41

3 102 141

Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab

2

42

2 102 142

Materi dan Pembelajaran Bahasa Arab MTs. / MA

2

43

3 102 143

Praktik Microteaching

3

44

3 102 144

Penulisan Karya Tulis Ilmiah

2

45

3 102 145

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2

46

3 102 146

Praktik Profesi Lapangan (PPL)

4

47

3 102 147

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

48

3 102 148

Skripsi

6

JUMLAH

111

       

d. Mata Kuliah Pilihan

   

No.

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

Sks

1

3 102 201

Lughah Amiyah (PILIHAN)

3

2

3 102 202

Ilmu Arudl (PILIHAN)

3

3

3 102 203

Desain Materi Pembelajaran Bahasa (PILIHAN)

3

JUMLAH

9

       

 

Sebaran Mata Kuliah Berdasarkan Profil Lulusan

No

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

Profil Lulusan

Guru

Penterjemah

Pengembang

1

1 102 001

 Pancasila

ü

ü

ü

2

1 102 002

Kewarganegaraan

ü

ü

ü

3

1 102 003

Bahasa Indonesia

ü

ü

ü

4

2 102 004

Metodologi Studi Islam

ü

   

5

2 102 005

Logika

ü

ü

ü

6

2 102 006

Bahasa Arab

ü

ü

ü

7

2 102 007

Islam dan Budaya Lokal

ü

   

8

2 102 008

Studi Quran Hadist

ü

   

9

2 102 009

Metodologi Studi Fiqih

ü

   

10

2 102 010

Ilmu Islam Terapan

ü

   

11

2 102 011

Bahasa Inggris

ü

ü

ü

12

3 102 012

Ilmu Pendidikan

ü

   

13

3 102 013

Ilmu Pendidikan Islam

ü

   

14

3 102 014

Tafsir Tarbawi

ü

   

15

3 102 015

Hadis Tarbawi

ü

   

16

3 102 016

Praktikum Ibadah dan Tahfidz

ü

   

17

3 102 017

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

ü

   

18

3 102 018

Filsafat Pendidikan Islam

ü

   

19

3 102 019

Statistik

ü

   

20

3 102 020

Psikologi Pendidikan

ü

   

21

3 102 021

Bimbingan dan Konseling

ü

   

22

3 102 022

Manajemen Pendidikan

ü

   

23

3 102 023

Profesi Keguruan

ü

   

24

3 102 024

Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa Arab

ü

   

25

3 102 025

Istima Tamhidi

ü

ü

ü

26

3 102 026

Istima Takmili

ü

ü

 

27

3 102 027

Kalam Tamhidi

ü

ü

 

28

3 102 028

Kalam Takmili

ü

ü

 

29

3 102 029

Praktikum Bahasa Arab

ü

ü

ü

30

3 102 030

Praktikum Bahasa Inggris

ü

ü

ü

31

3 102 031

Ilmu Sharaf

ü

ü

 

32

3 102 032

Ilmu Nahwu Tamhidi

ü

ü

 

33

3 102 033

Ilmu Nahwu Takmili

ü

ü

 

34

3 102 034

Ilmu Nahwu Mutaqaddim

ü

ü

 

35

3 102 035

Ilmu Maani

ü

   

36

3 102 036

Ilmu Bayan wal Badi

ü

   

37

3 102 037

Qiraah Tamhidi

ü

ü

 

38

3 102 038

Qiraah Takmili

ü

ü

 

39

3 102 039

Qiraah Mutaqaddim

ü

ü

 

40

3 102 040

Kitabah Qowaid wa al-Khat

ü

ü

 

41

3 102 041

Kitabah al-Insya al-Muwajjah

ü

ü

 

42

3 102 042

Kitabah al-Insya al-Hurr

ü

ü

 

43

3 102 043

Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab

ü

   

44

3 102 044

Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab

ü

   

45

3 102 045

Sistem Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

ü

   

46

3 102 046

Psiko-Sosiolinguistik

ü

ü

 

47

3 102 047

Linguistik

ü

ü

 

48

3 102 048

Fiqhullughoh

ü

ü

 

49

3 102 049

Media Pembelajaran Bahasa Arab

ü

 

ü

50

3 102 050

Praktikum Teknologi Informasi

ü

 

ü

51

3 102 051

Tarjamah Tamhidi

ü

ü

 

52

3 102 052

Tarjamah Takmili

ü

ü

 

53

2 102 053

Tarjamah Mutaqaddim

ü

ü

 

54

3 102 054

Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab

ü

   

55

3 102 055

Materi dan Pembelajaran Bahasa Arab MTs. / MA

ü

   

56

3 102 056

Praktik Microteaching

ü

   

57

3 102 057

Praktik Kerja Lapangan

ü

   

58

3 102 058

Penulisan Karya Tulis Ilmiah

ü

   

59

3 102 059

Skripsi

ü

   

60

3 102 060

Sejarah Pendidikan Bahasa Arab (PILIHAN)

ü

   

61

3 102 061

Al-Arabiyah li Aghrodil Khosoh (PILIHAN)

ü

ü

 

62

3 102 62

Analisis Kesalahan dan Analisis Kontrastif (PILIHAN)

ü

   

63

3 102 63

Al-Lughah Amiyah (PILIHAN)

ü

ü

 

64

3 102 64

Desain Materi Pembelajaran Bahasa (PILIHAN)

ü

   

65

3 102 65

Ilmu Arudl (PILIHAN)

ü

   

 

MATA KULIAH PILIHAN SKS
Al-Lughah Amiyah 3
Ilmu Arudl  3
Sejarah Pendidikan Bahasa Arab  3
Desain Materi Pembelajaran Bahasa Arab 3
Analisis Kesalahan dan Analisis Kontrastif 3
al-Arabiyah li Aghrodil Khosoh 3
TOTAL sks MK Pilihan 18
Yang wajib diambil 9 dari 18

 






Agenda Kegiatan
  • Seminar PBA

    +

  • Mahrojan PBA

    +

Video

Back to Top